Pro kontra pemindaha ibukota

picture by

Sekarang lagi hangat-hangatnya nih berita soal pemindahan ibu kota. Ya sampai-sampai banyak orang berpaling dari berita pemilu. Jakarta yang sekarang ini menjadi ibu kota direncanakan akan digantikan. Ibu kota direncanakan akan dipindahkan keluar pulau jawa, kemungkinan besar sih kalimantan. Bukan kemungkilan lagi sih ,emang iya bakal dipindahin ke kalimantan. Hal ini dikarenakan jakarta sudah terlalu padat, juga jakarta memikul beban terlalu berat kerena menjasi pusat pemerintahan, layanan publik, dan juga pusat bisnis.

Ada 3 rekomendasi provinsi yang akan dijadikan ibu kota, yaitu kalimantan yaitu kalimantan timur, barat, dan tengah. Hal ini spontan membuat masyarakat bereaksi, ada yang setuju dan tidak sedikit juga loh yang tidak setuju. Banyak sekali argumen yang dikemukakan dua kubu ini. Mulai dari jakarta yang sudah tidak layak jadi ibu kota, dan ada juga yang menganggap pemindahan ibu kota ke kalimantan akan membuat hutan kalimantan akan terancam. Bagaimana pendapat saya secara umum maupun pribadi akan pemindahan ibu kota ini?

Pada awalnya saya menganggap bahwa pemindahan ibu kota ini positif banget. it was like “Ibu kota mau pindah nih, mau dibikin seperti sgitu. Pasti bagus banget.” Tapi kalau liat koment orang-orang seperti membuat pemikiran ini jadi berubah. Kalau dipindahin kalimantan mau dibikin rusak seperti jakarta gitu, yang padatnya sudah sampai….gitulah. Tapi waktu dengar kota tuh akan dibikin seperti smart city yang katanya ramah lingkungan, lengah banget. Ditambah lumayan senang gitu, kalau ibu kota dipindahin nanti sebagian masyarakat di pualu jawa akan bermigrasi dan pulau jawa tidak terlalu padat (mungkin). Kalau dipikir-pikir apakah pemindahan ibu kota ini adalah cara terakhir untuk membuat kepadatan penduduk menjadi lebih kondusif di pulau jawa (kalau bahasa kasarnya sih pemerintah gagal membuat kepadatan penduduk menjadi merata sampai-sampai mindahin ibu kota). Maksudnya tidak ada cara lain gitu?

Ya gimana pun juga sih hal ini di rencanakan pemerintah agar dapat menyelesaikan masalah kepadatan dipulau jawa (FYI penduduk pulau jawa itu 1/2 dari penduduk indonesia). Ok kalian yang baca ini pasti bahagia karena ibu kota mau pindah, tapi biyayanya itu loh, 466. Bukan miliar apalagi juta, tapi TERIH LIUN (becanda). Belum lagi waktunya yang kira-kira sampai 10 tahun.

Saya sih pernah mikir, “Gimana kalau jakarta di rombak aja supaya lebih layak dan sesuai ekspektasi, setelah itu dilakukan pembagunan yang merata di seluruh indonesia (yang ramah lingungan).” iya sih kalau seumpamanya ibu kota dipindahin ke kalimantan, terus tidak berjalam sesuai rencana, nanti yang ada kalimantan menjadi padat seperti jawa, Kan percuma, kalimantan akan tidak sesuai ekspektasi dan daerah lain tidak dapat apa-apa. Ya itu cuma opini saya.

Pemindahan ibu kota merupakan hal yang cukup serius. Maka dari itu tidak boleh terlalu dini mengambil tindakan. Pemindahan ibu kota ini harus dilaksanakan dengan musyawarah agar tidak terjadi perpecahan di dalam perpecahan. BTW kalian mau ibo kota pindah atau tetap di jakarta aja. Atau kalian punya opini yang lain? jangan ragu untuk berkomentar ya!

sekian dari saya, terimah kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan dari saya dan mohon maaf jika terdaat salah kata atau hal-hal lain yang kurang berkenan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.